Welcome to My Blog and My Life

Stay Tune!:]

Selasa, 28 Agustus 2012

GUE DIANTARA MEREKA – PART 23


 

"Jangan nangis, gw ga suka liat cewe nangis, dan gw janji ga bakal bikin lu takut lagi, gw juga ga mau kok koma buat kedua kalinya" Ujar Gabriel dengan sedikit senyum dibibirnya. Senyum kedua yang dia berikan untuk Sivia, terang saja Sivia pun membalas senyuman Gabriel seraya menghapus air matanya. Gabriel pun mengeratkan genggaman tangannya.

***

Di salah satu lorong Rumah Sakit, Cakka dan Agni terlihat berjalan beriringan menuju gerbang keluar dari Rumah Sakit itu. Cakka terlihat sangat murung, wajahnya dia tekuk, pikirannya dipenuhi hal-hal yang baru saja dia alami tadi pagi.

"Ya Tuhan, gw bener-bener bingung apa yang harus gw lakuin sekarang, apa yang harus gw lakuin buat bilang ma kasih sama Gabriel, sama orang yang udah ngorbanin nyawanya buat gw" Batin Cakka.

Agni yang berjalan disamping Cakka, menoleh memperhatikan wajah Cakka.

"Lu kenapa Cak.,???" Tanya Agni yang langsung membuyarkan lamunan Cakka.

"Ga kok, gw ga pa pa" Jawab Cakka.

"Lu masih mikirin soal Iyel???" Tanya Agni lagi.

Tiba-tiba Cakka menghentikan langkahnya.

"Lu bener Ag.,"

"Apanya yang bener???" Agni tidak memahami apa yang baru saja diucapkan Cakka.

"Lu bener ini saatnya gw buat minta maaf sama Iyel, gimana pun juga selama ini kan emang gw yang selalu cari gara-gara sama dia" Terang Cakka.

"Lu serius Cak???"

Cakka mengangguk tegas menjawab pertanyaan Agni ini.

"Lu balik bareng gw kan???" Tanya Cakka.

"Ga tau sih, tadi sebenernya gw cuma ijin setengah hari ke tempat kerja gw, tp ini udah sore kaya gini, bentar lagi juga mo maghrib. Jadi kayanya gw mo balik sih" Sebetulnya Agni sendiri menyadari jawabannya sama sekali tidak nyambung dengan pertanyaan Cakka.

"Jadi lu mo bareng atau engga???"

"Ga pa pa kalo gw bareng ama lu???" Tanya Agni.

"Ya ga pa pa lah, jalan kerumah gw kan ngelewatin rumah lu, tapi lu tunggu sebentar ya, gw mo nemuin Gabriel dulu bentar."

"Ya udah, gw tunggu di parkiran deh"

Detik itu juga, Cakka langsung membalikkan arah langkah kakinya kembali menuju ruang perawatan Gabriel.

***

Gabriel dan Sivia yang baru saja saling melepaskan genggaman tangan mereka berdua terlihat begitu canggung. Sivia yang duduk di kursi samping tempat tidur Gabriel menundukan kepalanya, mengarahkan tatapannya ke ujung kakinya yang dia ayun-ayunkan kedepan kebelakang diantara kedua kaki kursi tempat dia duduk. Sedangkan Gabriel sendiri terlihat memejamkan matanya dengan alasan ingin beristirahat meskipun tidak berasa ngantuk sedikitpun.

Sivia memberanikan dirinya untuk menengadahkan wajahnya. Menatap Gabriel yang tampak tertidur. Sivia memperhatikan wajah itu. Wajah itu berbeda dengan yang dia liat tiga jam lalu. Wajah yang tadi pucat kini sudah berseri kembali. Wajah yang tadi lemah kini sudah kembali kepada raut wajah kakunya. Sivia tersenyum.

"Ngapain lu liatin muka gw kaya gitu" Tiba-tiba saja suara Gabriel mengagetkan Sivia.

"Lu ga tidur ya Yel???" Jawab Sivia yang merasakan panas dipipinya akibat malu.

"Gimana bisa gw tidur kalo lu liatin terus???" Ujar Gabriel dengan nada bicara yang sinis.

"GR banget sih lu, siapa yang ngeliatin elu???lagian elu kan merem, gimana bisa tau kalo gw ngeliatin elu???"

"Nah itu lu sendiri yang bilang kalo lu ngeliatin gw" Ujar Gabriel seraya membuka kembali matanya. Mengarahkan tatapan matanya yang tajam kearah Sivia. Perasaan salah tingkah mendera Sivia pada saat dia mendapat tatapan tajam dari Gabriel, namun dia berusaha menormalkan perasaannya itu dan balik menatap Gabriel.

"Yel.,"

"Apa.,"

"Gw aneh deh Yel.," Ujar Sivia.

"Baru nyadar sekarang kalo lu aneh???"

"Ikh Iyel, dengerin gw.," Ujar Sivia kesal.

"Ya udah, lu aneh kenapa" Tanya Gabriel dengan nada yang sama sekali tidak berniat untuk bertanya.

"Lu niat dengerin gw ga sih???"

"Iyaaaa.,gw dengerin." Ujar Gabriel dengan nada juteknya.

"Gw aneh, soalnya kemaren-kemaren gw pengen banget ngerubah lu jadi orang yang ga jutek, gw pengen lu ga sinis lagi, gw pengen ngilangin sikap dingin elu, berusaha biar lu senyum. Tapi hari ini, gw seneng banget lu jutekin, gw seneng banget lu sinis sama gw, gw seneng banget ngeliat tampang kaku lu, tampang jutek lu. Karena dengan begitu gw tau lu udah jadi Iyel lagi, Iyel yang gw kenal. Iyel yang udah baik-baik aja. Dan gw lega banget Yel" Terang Sivia.

"Cuma itu anehnya???Lu ga nyadar ya, lu tuh anehnya lebih dari itu. lu ga inget dulu lu tiba-tiba deketin gw padahal lu belom kenal gw, lu terus dateng kerumah gw padahal udah gw bilang berkali-kali gw ga suka lu dateng kerumah gw. Trus lu juga tiba-tiba ngebuang rokok gw dan ganti pake permen kojek. Lu ga ngerasa gitu kalo itu tuh aneh" Ujar Gabriel.

"Terserah lu deh mo ngomong apa Yel.,yang jelas sekarang gw dah lega, dan bentar lagi mo magrib, jadi mendingan gw sekarang balik. Titip salam aja ya sama Pak Rio" Ujar Sivia yang bangun dari duduknya sambil menyelempangkan tas sekolahnya.

Gabriel hanya diam saja melihat Sivia melangkah menuju pintu keluar. Tanpa sedikitpun menghalangi maksud Sivia untuk pergi.

Tepat pada saat Sivia akan membuka pintu, pintu itu sudah terlebih dahulu terbuka dari luar. Terlihat Cakka berdiri dibalik pintu itu.

"Cakka, kok balik lagi???Ada yang ketinggalan???" Tanya Sivia.

Gabriel yang mendengar nama Cakka disebut, membiarkan perhatiannya tertuju kearah pintu dimana memang terlihat Cakka berdiri disana.

"Gw mau ngomong sebentar sama Gabriel" Cakka menjawab pertanyaan Sivia.

"Oh ya udah.,masuk deh" Ujar Sivia.

"Lu mau balik???"

"Iya, udah mo maghrib, takut bokap nyariin"

"Ya udah hati-hati" Ujar Cakka berusaha bersikap lebih ramah terhadap Sivia.

Setelah Sivia keluar dari ruang perawatan Gabriel, Cakka menutup kembali pintu ruangan itu dengan rapat. Kemudian dia melangkah ragu-ragu mendekati Gabriel.

Cakka kini sudah berdiri disamping tempat tidur Gabriel, namun mulutnya masih tertutup rapat, tak sepatah katapun keluar dari ujung lidahnya.

"Ada yang mau lu omongin sama gw Cak???" Tanya Gabriel memecah kekeluan yang terbentuk dilidah Cakka.

"Sebenernya banyak yang mo gw omongin sama lu, tapi gw bingung mo mulai darimana" Jawab Cakka.

Keduanya berbicara masih dengan wajah kaku mereka masing-masing.

"Gw masih ga habis pikir kenapa tadi pagi lu nolongin gw, padahal selama ini kita ga pernah akur, malah kita sering terlibat perkelahian"

"Gw masih ga percaya kalo yang nolong gw adalah elu, orang yang selama ini selalu gw ejek, selalu gw pojokin, selalu gw olok-olok dan entah apalagi yang sering gw lakuin sqma lu."

"Apapun alasan lu nolong gw hari ini, gw cuma bisa bilang ma kasih, kalo bukan karena lu mungkin sekarang gw yang terbaring disini. Tapi itu bukan berarti gw bersyukur, ga sama sekali. Malah gw tau sekarang ternyata pada dasarnya lu tuh orang baik," Terang Cakka.

"Yel.,gw juga mo minta maaf, selama ini selalu ngejek lu, gw selalu cari gara-gara sama lu, gw selalu mojokin lu," Cakka menghembuskan nafas seakan-akan beban perasaannya sedikit berkurang.

Gabriel tak berkata sepatah katapun, tak bereaksi sedikitpun.

"Mungkin lu masih nyimpen perasaan ga suka sama gw Yel"

"Kalo boleh gw jujur, ampe sekarang gw masih ga percaya tadi pagi lu bilang kalo gw ini temen lu,"

"Percaya atau enggak, karena ucapan lu itu, hari ini gw ngeliat lu koma kaya tadi, gw ngerasa takut banget Yel, bukan takut karena perasaan bersalah gw, tapi karena gw takut kehilangan orang yang nganggep gw temen"

"Dan meskipun lu ga percaya tapi sekali lagi jujur gw bilang gw lega ngeliat lu dah baikan sekarang,"

Cakka tidak peduli apakah Gabriel saat itu mendengarkan atau tidak semua yang diucapkannya saat itu, dalam hatinya Cakka hanya ingin mengeluarkan semua uneg-unegnya yang dirasakannya sepanjang hari itu.

"Gw rasa cuma itu aja yang pengen gw bilang ke elu." Tanpa menunggu respon dari Gabriel, Cakka membalikan tubuhnya berjalan kearah pintu keluar. Namun baru saja Cakka berjalan beberapa langkah, langkah Cakka terhenti oleh ucapan Gabriel.

"Kalo soal hari ini, lu ga usah terlalu ngerasa bersalah, dan lu ga usah terlalu GR, gw ngelakuin ini bukan buat elu. Gw cuma lagi berusaha berbuat baik, dan ternyata Tuhan kasih ujian, orang yang pertama kali harus gw tolong itu ternyata elu." Terang Gabriel tanpa sedikitpun ekspresi diwajahnya dan tanpa menatap kearah Cakka.

Berbeda dengan Cakka yang saat itu menoleh kembali kearah Gabriel, dan merubah raut wajahnya menjadi lebih bersahabat.

"Apapun alasannya Yel, gw tetep harus bilang ma kasih" Ujar Cakka.

Cakka terdiam sejenak, tampak memikirkan sesuatu. Kemudian dia mengeluarkan selembar kertas dari tasnya dan memberikannya kepada Gabriel.

"Lu harus cepet sembuh Yel, buat ini" Cakka mengulurkan kertas itu kepada Gabriel dan dengan gerakan terpaksa Gabriel menerima selembar kertas itu.

Setelah itu Cakka benar-benar meninggalkan Gabriel.

Ruang perawatan itu kini berubah menjadi sepi, sunyi seperti tak berpenghuni. Hanya tinggal Gabriel yang masih terbaring diatas ranjang rumah sakitnya kini sedang menatap selembar kertas yang diberikan Cakka tadi.

***

Tiga hari berlalu setelah kejadian pagi hari itu. Gabriel pun sudah keluar dari Rumah Sakit dan kembali kerumahnya. Namun Gabriel belum kembali kesekolahnya. Diperutnya masih tertempel kain kasa yang menutupi bekas lukanya. Rasa perih terkadang masih dirasakan Gabriel apabila terlalu banyak gerakan yang dilakukannya. Seperti halnya siang itu. Gabriel hanya duduk ditepian tempat tidurnya, ditangannya dia genggam selembar kertas yang diberikan Cakka padanya pada saat di Rumah Sakit kemarin. Berulang-ulang dia membaca isi selembar kertas itu. Sebuah surat pemberitahuan dimana sekolahnya akan kembali mengikuti perlombaan matematika antar sekolah.

"Itu kesempatan buat lu Yel" Tiba-tiba terdengar suara seseorang dari luar pintu kamarnya yang saat itu tidak tertutup. Terlihat Sivia disana.

"Ngapain lu masuk ke kamar gw" Ujar Gabriel ketus

"Lu ga liat, gw ga masuk kamar lu kok, gw masih selangkah diluar kamar lu, jadi lu ga usah nyolot kaya gitu" Jawab Sivia.

"Menurut gw itu kesempatan lu Yel, kesempatan buat buktiin ke semua orang kalo lu bisa, terlebih buat Papa lu Yel, meskipun dia udah ga ada, tapi gw yakin buat kali ini dia pasti bangga banget sama lu Yel" Sambung Sivia.

"Tapi gw takut kejadian itu terulang lagi Vi"

"Yel, jangan menyerah sebelum lu nyoba, saatnya kan tiba Yel, lu bakal bahagia, ngeliat bintang lu bercahaya." Ujar Sivia tersenyum.

Dan entah kenapa, ucapan Sivia itu seakan-akan memberikan kekuatan dan kepercayaan diri yang begitu kuat didalam diri Gabriel.


 

Ek Rkwt

@rekscasillas

Tidak ada komentar: