Welcome to My Blog and My Life

Stay Tune!:]

Jumat, 17 Agustus 2012

GUE DIANTARA MEREKA – PART 13


 

"Karena.,.,,.karena ternyata gw bukan anak mereka Vi" Jawab Gabriel terbata-bata.

"APA!!!" Sivia tidak percaya dengan apa yang baru saja Gabriel katakan.

"Maksud lu gimana Yel, kok lu bisa bilang kalo lu bukan anak dari ortu lu, lu jangan sembarang kalo ngomong"

"Gw ga sembarang Vi, gw emank bukan anak dari papa sama mama"

"Lu tau dari mana Yel, tau dari siapa???" Sivia begitu penasaran.

"Gw tau dari mulut Bang Rio langsung" Jawab Gabriel lesu.

"Dia bilang sendiri sama lu???"

"Sebetulnya dia ga secara langsung bilang ke gw, tapi gw ga sengaja denger pas abang gw ngobrol sama Ify"

"Ify???" Tanya Sivia

"Hmmm.,dia itu calon istri abang gw" Jawab Gabriel.

"Tadi siang pas gw pulang sekolah, abang sama Ify lagi ngobrol, tadinya gw ga berniat sedikitpun menguping apa yang mereka omongin, gw sama sekali ga tertarik, tapi pas gw lewat, gw denger mereka nyebut-nyebut nama gw" Terang Gabriel.

Sivia begitu antusias mendengarkan penjelasan dari Gabriel, ini pertama kalinya Gabriel bisa membuka diri terhadapnya. Pada saat itu Sivia melihat sisi lain dari seorang Gabriel. Gabriel yang angkuh dengan sorotan matanya yang tajam, dengan senyum sinis yang selalu melekat di bibirnya. Gabriel yang selama ini selalu setia pada sikap dinginnya, Gabriel yang selama ini tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Namun kali ini sorotan mata Gabriel begitu sayu, tatapannya kosong menatap dasar tanah yang jauh berada dibawah tempat dia duduk. Gabriel terlihat begitu rapuh, dinding keangkuhannya runtuh akibat kesedihan dan kekecewaannya.

"Pada saat itu juga gw denger kalo Abang bilang kalo gw cuma anak pungut mereka" Terang Gabriel lagi.

"Lu tau Vi gimana caranya gw bisa ada dirumah itu, berada di keluarga itu???"

Sivia tidak mengangguk ataupun menggeleng, dia tau tanpa dia jawab pun pertanyaan itu akan dijawab sendiri oleh Gabriel. Dia hanya terus menatap hangat penuh simpati kepada Gabriel.

"Abang bilang malem itu gw ditaro gitu aja di depan pintu rumah, dan pada saat itu sebetulnya papa nyuruh mama buat kasih gw ke panti asuhan. Tapi karena nyokap ga mau, dan abang yang terus ngerengek buat ngerawat gw, akhirnya bokap terpaksa terima gw"

"Lu denger Vi, TERPAKSA"

"Akhirnya gw tau ternyata selama ini bokap memang terpaksa nganggep gw ada, dan sebetulnya bokap emang ga pernah anggep gw ada"

"Lu tau Vi apa yang gw rasa pada saat itu???"

"Gw bingung Vi, gw ga tau harus berbuat apa, apa gw harus marah, apa gw harus lega, apa gw harus kecewa"

"Kalo gw marah, gw musti marah sama siapa Vi,??? Marah sama nyokap kandung gw??? Siapa??? Gw ga tau dia siapa. Atau gw marah sama bokap karena selalu ga ngehargain gw, tapi gw ga berhak Vi, meskipun terpaksa tapi dia udah ngebesarin gw. Apa gw harus marah sama Abang gw yang selama ini ngerahasiain ini semua, tapi kenapa gw harus marah sama dia, toh abang ga salah apa-apa sama gw"

"Kalo pun gw kecewa, gw harus kecewa terhadap apa??? Kecewa terhadap keadaan gw yang selama ini ga dianggep di keluarga itu, tapi gw pikir lagi, kenapa gw harus kecewa, mereka berhak ngelakuin semua itu karena gw emang bukan siapa-siapa di antara mereka"

"Gw mungkin merasa lega Vi karena semua pertanyaan dan kebingungan gw selama ini dah kejawab dengan sendirinya. Tapi apa itu ngerubah semuanya??? Engga Vi, ternyata ini semua cuma bikin gw nambah bingung Vi"

"Gw ga tau siapa diri gw. Mungkin gw ini anak pelacur, mungkin gw ini anak hasil perkosaan, atau mungkin gw ini anak haram. Terbesit di otak gw, gw jijik sama diri gw sendiri Vi," Gabriel mengepalkan tangannya, rahangnya bagitu kuat menahan emosi yang bergejolak dihatinya.

"Lu ga boleh berpikir kaya gitu Yel, gw kan dah bilang lu harus bisa ngeliat dua sisi dari hidup lu. Sisi negative lu bisa berpikir kaya gitu, coba kalo lu bisa liat dari sudut pandang lain, mungkin nyokap kandung lu orang ga mampu Yel, yang cuma pengen anaknya jadi orang yang lebih baik." Kali ini Sivia berkata dengan nada yang begitu lembut.

"Tapi bukan berarti dia harus ngebuang gw kan Vi???"

"Dia ga buang lu Yel, kalo mau dia bisa aja buang lu ke tong sampah atau hanyutin lu di kali, tapi ini engga kan Yel, dia naro lu didepan pintu sebuah rumah yang gw yakin pada saat itu keluarga lu adalah keluarga yang cukup mapan."

Penjelasan Sivia sedikit banyak bisa diterima oleh sebagian akal sehat Gabriel. Gabriel kini hanya bisa terdiam. Sivia melihat ada sesuatu yang Gabriel tahan di sudut matanya.

"Yel, lu cowo, bukan berarti lu ga boleh nangis. Kalo memang beban berat itu bisa sedikit hilang lewat air mata, lu boleh nangis kok Yel, ga ada yang ngelarang seseorang buat nangis, nangis itu hak semua manusia Yel, bukan cuma buat cewe."

Gabriel menundukan kepalanya. Akhirnya tangis itu pecah, bulir-bulir bening mulai mengalir deras mengikuti lekuk-lekuk garis pipi Gabriel.

Sivia menengadahkan kepalanya Gabriel dengan kedua tangannya, menghadapkan wajah Gabriel kehadapannya. Menatap wajah Gabriel dan tersenyum lambut kepadanya. Dan sedetik itu pula Sivia mengantarkan tubuh Gabriel ke dalam pelukan hangatnya.

"Lu sabar ya Yel, lu ga sendiri kok, ada gw Yel,"

Gabriel membiarkan tubuhnya tetap di dekap oleh Sivia dan tetap membiarkan air matanya bercucuran membasahi pundak Sivia. Sampai akhirnya Sivia mengatakan sesuatu yang membuat Gabriel tercengang.

"Gw ngerti banget perasaan lu sekarang Yel, gw pernah merasakan hal ini sekitar tiga tahun lalu" Sivia berkata setengah berbisik di telinganya Gabriel.

Gabriel melepaskan dirinya dari pelukan Sivia.

"Maksud lu Vi???"

"Gw juga bukan anak kandung bokap gw Yel" Sivia mengatakan hal ini dengan senyum di bibirnya, seakan-akan hal itu adalah hal yang biasa saja.

Gabriel tidak mengeluarkan sepatah kata pun, dia hanya mengernyitkan keningnya.

"Iya Yel, gw baru tau tiga tahun lalu kalo gw ternyata cuma anak tiri bokap gw."

"Pas almarhum nyokap hamil gw, bokap kandung gw kecelakaan Yel, dia meninggal. Dan pada saat itu bokap gw yang sekarang nikahin nyokap, Ayah sama bokap kandung gw emang sahabatan. Dan lu tau Yel dari semenjak itu almarhum nyokap ga pernah sekalipun diterima di keluarga bokap, karena keluarga bokap ga setuju kalo bokap nikahin nyokap gw yang udah hamil."

"Dan dari semenjak lahir gw ga diterima di keluarga nenek gw. Pertanyaan-pertanyaan yang sama kaya lu muncul juga diotak gw saat itu yel. Kenapa gw ga pernah disayang sama nenek gw, trus om sama tante gw selalu ngehina gw."

"Trus lu kok bisa nerima semuanya???" Tanya Gabriel.

"Karena pada saat itu gw bisa liat sisi lain dari hidup gw, gw dibenci sama semua orang di keluarga nenek gw, tapi gw punya Ayah yang begitu sayang sama gw, meskipun dia tau gw bukan anaknya"

"Jadi maksud gw Yel, diantara sekian banyak orang yang ga suka sama lu, diantaranya pasti ada yang sayang dan peduli sama lu.,"

"Lu liat nyokap lu, dia selalu ngebela elu kan. Bang Rio, dia juga kan yang minta supaya lu bisa diterima sama bokap lu. Lu punya Shilla, yang begitu sangat sayang sama lu Yel, melebihi dari abangnya sendiri Rio. Dan lu punya Agni, sahabat lu yang selalu ada di samping lu kan"

"Menurut gw lu bego Yel bisa lupa semua itu hanya karena perlakuan ga menyenangkan dari satu orang."

"Gw bingung Via, gw ga tau harus gimana"

"Lu ga perlu bingung Yel, masalah lu selama ini lu terlalu menggunakan hati buat hal yang ga perlu, tapi lu ga pernah pake hati lu buat sedikit aja merasakan kasih sayang dari orang-orang di sekitar lu"

"Jadi gw harus gimana sekarang???"

"gw ga bisa kasih tau apa yang harus lu perbuat sekarang. Itu tergantung dari hati lu" Jawab Sivia dengan senyum manisnya.

Gabriel menatap Sivia dengan tatapan yang tidak pernah Sivia dapatkan selama dia kenal Gabriel. Tatapan yang begitu hangat, tatapan yang begitu bersahabat. Senyum kecil terkembang di sudut bibir Gabriel.

Sivia yang baru menyadari adegan aneh itu merasa kikuk sendiri.

"Kenapa lu liatin gw kaya gitu, baru nyadar ya kalo gw ini cakep" Ujar Sivia kembali dengan nada bicara jutek seperti biasanya, Sivia berusaha mengalihkan pembicaraan.

"Lu juga liatin gw terus" Ujar Gabriel.

Situasi diantara Gabriel dan Sivia mulai kembali normal. Gabriel merasakan kelegaan di hatinya setelah berbicara dengan Sivia.

"Gw boleh nanya ga Yel???" Ujar Sivia

"Nanya apaan???"

"Kenapa lu mutusin dateng kerumah gw???"

Gabriel mengarahkan pandangannya ke atas langit.

"Karena itu" Gabriel menunjuk sebuah benda langit yang menerangi mereka berdua malam hari itu. Pandangan Sivia mengikuti arah dari telunjuk Gabriel.

"Bulan purnama???" Tanya Sivia heran.

Gabriel hanya menganggukan kepalanya.

"Apa hubungannya rumah gw sama bulan purnama" Tanya Sivia lagi.

"Kita sama-sama hidup dibawah matahari, bulan dan bintang, dan semuanya bercahaya." Gabriel mengucapkan sebuah kalimat yang sangat dikenal oleh Sivia.

"Itukan kalimat dari surat gw" Sivia kembali teringat akan kekecewaannya terhadap Gabriel karena masalah surat itu. Kini wajahnya kembali terlihat sedikit cemberut.

"Waktu itu gw mau nemuin lu kok Vi" Ujar Gabriel ragu-ragu.

"Maksud lu???" Tanya Sivia begitu bersemangat.

"Waktu itu gw beneran mau nemuin lu di halaman belakang sekolah, tapi pas gw mau jalan, Agni nemuin gw, dia sedih banget, dan ternyata gw baru tau kalo pas itu nyokapnya Agni meninggal Vi. Dan gw ga mungkin ninggalin dia kan Vi"

Sivia tersenyum mendengar penjelasan Gabriel barusan. Dia merasa kalau Gabriel ternyata sudah bisa menerima kehadiran dirinya. Dengan tanpa diketahui Gabriel, Sivia melakukan satu gerakan naik turun dengan kepalan tangannya,dengan membisikan kata-kata pendek dari mulutnya. "Yes.,Yes.,Yes"

"Kenapa lu senyum-senyum sendiri. Jangan geer dulu, gw mo dateng ga ada maksud apa-apa, gw cuma ga mau lu nunggu gw ampe malem, lu kan orangnya nekat"

"Terserah deh lu mo bilang apa, terserah juga mo pake alesan apa, yang jelas gw seneng banget kalo ternyata waktu itu lu mo nemuin gw Yel"

"Iyeeeeeeelllllll" Seru Sivia seraya tiba-tiba memeluk Gabriel.

"Lu apaan sih???" Gabriel menggerak-gerakan badannya berusaha melepaskan diri dari pelukan Sivia.

Sivia yang menyadari hal itu merasa malu sendiri. Kemudian dia langsung melepaskan pelukannya dengan pipi yang agak memerah.

"Ga pa pa kok Yel," Terang Sivia sambil menggaruk-garuk kepalanya meskipun tidak terasa gatal sedikitpun.

"Gw mo tidur dulu ya, dah malem" Ujar Sivia seraya bangkit dari duduknya dan meninggalkan Gabriel.

"Lu tidur dimana???" Tanya Gabriel.

"Gw tidur di kamar tamu" Jawab Sivia.

Pada saat Sivia akan menutup kamar tidurnya, Sivia kembali menoleh kearah Gabriel yang kini sudah tidak duduk di tepian luar jendela kamar sivia, namun sudah berada kembali didalam kamar sivia.

"Yel.,"

"Apalagi???"

"Mulai saat ini setuju atau engga gw mutusin buat jadi bintang buat hidup lu"

"Kenapa Bintang???bukannya lu mau jadi yang lebih bersinar dari itu???" Tak disangka Gabriel menanggapi perkataan Sivia.

"Karena bintang itu meskipun ga keliatan karena tertutup langit yang gelap tapi sebenernya dia selalu ada diatas sana Yel. Bintang selalu ada dimana-mana ga peduli meskipun bumi berputar Yel. Dan gw pengen seperti itu buat hidup lu." Sivia tersenyum dan tanpa menunggu reaksi dari Gabriel dia menutup pintu kamar itu rapat-rapat. Pada saat itu Sivia merasakan kebahagiaan luar biasa, dia merasakan perasaan yang belum pernah dia rasakan sebelumnya. Perasaan canggung, salah tingkah, perasaan yang membuat jantungnya berdetak lebih kecang, perasaan yang membuat dirinya selalu ingin tersenyum.


 

Ek Rkwt

@rekscasillas

Tidak ada komentar: