Welcome to My Blog and My Life

Stay Tune!:]

Jumat, 17 Agustus 2012

GUE DIANTARA MEREKA – PART 17


 

"Papa ga bilang apa-apa karena papa tidak punya kesempatan Yel, karena Papa menyadari semua itu hanya berselang beberapa jam sebelum kecelakaan itu Yel, kecelakaan yang membuat Papa meninggal."

Penjelasan Rio tersebut benar-benar membuat Gabriel terkejut.

"Maksud lu gimana bang???kok bisa kaya gitu???" Tanya Gabriel penasaran.

"Pas waktu itu, lu inget kan Yel, setaun lalu lu abis berantem hebat sama papa, gara-garanya lu cuma dapet peringkat ke tiga di lomba matematika antar sekolah, padahal waktu itu lu udah kasih janji sama Papa, lu bakal juara umum. Pada saat itu Papa memojokan lu banget kan, trus abis itu lu pergi gitu aja, ga tau kemana." Terang Rio. Gabriel hanya mengangguk, bagaimana bisa dia tidak ingat akan peristiwa tersebut, peristiwa dimana itu adalah terakhir kalinya dia ribut hebat dengan Papanya, dan sehari setelah itu Gabriel mendapat kabar lewat ponselnya kalau Papa nya meninggal akibat tabrakan motor.

"Trus.,???" Tanya Gabriel lagi.

"Abis lu pergi gw sempet bicara sama Papa, dengan susah payah gw bilang kalo lu udah berusaha keras.,lu udah mati-matian belajar terus tanpa tidur, tanpa makan kalo ga dipaksa. Tapi nasib berkata lain kan, ternyata lu cuma dapet peringkat tiga. Gw bilang sama Papa, gw bosen terus dibanding-bandingin sama elu, karena sebenernya jujur gw bilang gw sadar kok sebetulnya lu lebih baik dari gw, lu lebih pinter dari gw. Dan lu ga tau kan sebetulnya Papa juga merasa seperti itu."

"Papa bilang seperti itu???" Tanya Gabriel tidak percaya.

"Pada saat itu Papa bilang kalo dia sebetulnya sadar kalo lu memang lebih segala-galanya dari pada gw, tapi Papa kelewat gengsi ngakuin hal itu karena dia tidak mau anak kandungnya kalah dari anak angkatnya."

"Tapi pada saat itu gw akhirnya berhasil nyadarin papa kalo bagaimanapun juga lu adalah anaknya. Anak yang di percayakan Tuhan untuk berada di keluarga ini meskipun dengan jalan bukan dari rahim mama."

Gabriel terdiam terpaku mendengar penjelasan dari kakaknya itu. Dia hanya menggeleng-gelengkan kepalanya belum bisa mempercayai apa yang Rio terangkan mengenai Papanya.

"Ini ga mungkin bang, ini ga mungkin, gw ga percaya sama yang lu omongin"

"Lu harus percaya Yel, karena itu yang sebenernya, bukan karangan gw. Dan setelah itu Papa langsung memutuskan buat nyariin elu, dia pengen banget minta maaf sama lu, tapi sayang Yel, pada saat itu Papa kelewat panik, pada saat keluar dari kompleks, papa ga merhatiin kalo dari arah kanan ada motor yang ngebut, akhirnya kecelakaan itu terjadi."

"Tapi kalo kaya gitu kejadiannya kenapa pas di Rumah Sakit dia ga mau ketemu sama gw, Papa sama sekali ga mau ditemenin sama gw, dia malah lebih milih ditemenin sama lu???lu ga tau kan sakit seperti apa yang gw rasain saat itu, sekali lagi diakhir hidupnya papa lebih milih elu" Ujar Gabriel terbata-bata. Sesak rasanya dia mengingat hal itu.

"Karena papa terlalu malu sama lu saat itu Yel, tadinya papa berniat ingin ketemu lu pas dia udah sembuh, tapi sayangnya papa terlanjur pergi"

"Trus kenapa lu ga cerita semuanya sama gw???kenapa lu biarin gw tetep ngerasa benci sama papa???"

"Karena lu ga pernah kasih kesempatan gw buat ngejelasin semua itu Yel, setiap gw nyebut nama papa selalu saja detik itu juga emosi lu keluar, dan setelah itu lu pasti pergi gitu aja kan" Terang Rio.

Lagi Gabriel hanya bisa terdiam, dalam hatinya dia membenarkan apa yang diucapkan Rio tersebut. Tiba-tiba saja pikirannya terpaku pada satu kalimat tentang papanya yang diucapkan Rio padanya.

"Setelah papa menyadari semuanya, papa langsung nyari lu Yel"

"Itu artinya gw yang nyebabin papa mati bang.,!!!" Tatapan Gabriel begitu nanar kearah Rio.

"Engga seperti itu Yel" Rio menepis anggapan Gabriel tersebut.

"Gimana bisa engga. Selama ini gw selalu bilang kalo Iyan yang nyebabin mama meninggal, ternyata gw sendiri yang nyebabin papa meninggal" Gabriel tampak begitu merasa bersalah.

"Engga Yel, sama seperti yang gw bilang tentang mama, papa juga meninggal karena memang takdirnya seperti itu Yel, bukan karena lu atau karena siapapun, lu harus inget itu Yel, lu ga boleh nyalahin diri lu sendiri"

Tatapan Gabriel begitu tajam namun tampak begitu kosong, pikirannya galau, hatinya dipenuhi rasa bersalah terhadap papanya.

"Gw pergi dulu bang" Ujar Gabriel tiba-tiba.

"Lu mau kemana Yel???"

"Gw perlu nenangin diri bang, gw perlu waktu buat sendiri, gw masih berusaha buat mencerna semua ini bang" Jawab Gabriel seraya bangkit dari duduknya dan kemudian dengan langkah yang begitu lesu meninggalkan Rio begitu saja.

***

Siang hari itu Sivia baru saja tiba dirumahnya sepulang dari sekolahnya. Tanpa ganti baju, dia duduk dimeja makannya, tapi bukan untuk makan siang. Sivia hanya menatap kursi kosong yang tepat berada dihadapannya, dia teringat bagaimana tadi pagi dia berhadap-hadapan sarapan dengan Gabriel di meja makan itu. Sivia mengetuk-ngetukan beberapa jarinya diatas meja makanya, dia mengigit sedikit bagian bawah dari bibirnya, keningnya berkerut terlihat sedang memikirkan sesuatu.

"Gimana kabarnya Iyel sekarang ya???apa dia udah pulang kerumahnya ya???"

"Ga mungkin gw sms Iyel, entar dia mikir gw so'-so' peduli sama dia lagi, entar dia salah paham terus malah marah lagi sama gw" Pikiran-pikiran yang aneh bergelayut di otaknya Sivia.

"Aaaaarrrggghh.,kenapa gw kepikiran banget soal ini sih???" Seru Sivia dengan mengacak-ngacak sendiri rambut lebatnya yang dia geraikan.

"Eh kenapa gw ga tanya Shilla aja.,akh kenapa gw jadi bego kaya gini sih, kenapa juga ga dari tadi gw kepikiran Shilla" Seketika itu juga Sivia mengeluarkan handphone dari tasnya, dengan cekatan dia mengetik beberapa kalimat dilayar pesan singkatnya.


 

To: Shilla


 

Shil, gmn Iyel???dia dah drmh???


 

Kurang lebih lima menit Sivia menunggu dengan gelisah, akhirnya balasan sms yang dia tunggu datang juga.


 

Abang dah plng ko. Dia lg bcr sm bang Rio.


 

Sender: Shilla


 

Kelegaan memenuhi tubuh Sivia.

"Syukur deh kalo lu dah balik Yel. Mudah-mudahan abis ini lu bisa jadi lebih baik"


 

To: Shilla


 

Tengkyu ya.,


 

Tanpa disadari Sivia, kini senyum manis telah terkembang dibibirnya, tampak begitu jelas lesung pipitnya akibat dari senyumnya itu. Dengan perasaan leganya, Sivia menyedok nasi yang seperti biasa telah disiapkan oleh pembantunya. Sop ayam kesukaannya dia guyurkan keatas piringnya, dan beberapa sendok orek tempe dia tambahkan sebagai pelengkap makan siangnya. Suapannya terlihat begitu lahap, entah kenapa makan siangnya terasa begitu nikmat, apalagi setelah dia mengetahui kalo keadaan Gabriel saat itu baik-baik saja.

***

Satu hari penuh seperti biasa telah dilewati Agni dengan bekerja di sebuah toko pakaian di salah satu pusat perbelanjaan yang terletak tidak jauh dari rumahnya. Namun satu hal yang tidak biasa menganggu pikirannya. Konsentrasi terhadap pekerjaannya hilang seharian itu, pikirannya hanya terus terpaku pada sahabatnya Gabriel.

"Yel, sebenernya lu punya masalah apa sih???" Tanya Agni dalam lamunannya.

"Seberat apa sih masalah lu, sampe lu nekat pergi dari rumah"

"Salama ini yang gw tau masalah lu cuma seputar bokap lu doank.,apa ini ada hubungannya sama bokap lu juga Yel???" Beberapa pertanyaan terus berputar-putar di otaknya Agni, tanpa mampu dia menjawab pertanyaannya tersebut.

"Tadi Via bilang Iyel mo pulang kerumah, pulang kerja gw langsung temuin dia deh, siapa tau dia mau cerita semuanya sama gw" Gumam Agni.

Agni melirik sekilas jam tangannya, terlihat waktu sudah menunjukan pukul empat sore, itu artinya shiftnya sudah selesai dan waktunya dia untuk pulang.

"Akhirnya gw balik juga" Ujar Agni.

Setelah pamit ke beberapa teman kerjanya, Agni mengambil langkah seribu bergegas untuk pulang. Dia begitu tidak sabar untuk segera menemui Gabriel. Namun saat itu sepertinya Agni kurang beruntung, setiap metromini jurusan rumahnya selalu disesaki penumpang, mau tidak mau Agni harus bersabar untuk menunggu mikrolet yang tidak terlalu penuh. Tepat pada saat itu, tiba-tiba saja dihadapannya berhenti sebuah sepeda motor yang sepertinya dikenali Agni. Agni mengernyitkan keningnya, mencoba mengingat-ngingat siapa wajah dibalik helm itu.

"Ini gw.," Seru pengemudi sepeda motor itu seraya membuka kaca depan helm nya.

"Elu Cak.,lagi ngapain lu disini???" Tanya Agni

"Lagi negor elu" Jawab Cakka sekenanya. Agni tidak menghiraukan jawaban dari Cakka tersebut. Kepalanya tetap celingukan kearah jalan raya, matanya berkeliaran melihat setiap metromini yang melintas di depannya.

"Lu sendiri disini ngapain???abis belanja???" Tanya Cakka

"Lu jangan nanya-nanya terus kenapa sih???gw lagi buru-buru nih, kalo lu nanya terus entar bisa-bisa gw kelewat bis jurusan rumah gw" Ujar Agni dengan nada kesal.

"Pantes lu temenannya sama Gabriel sama Via.,sama-sama jutek" Kata Cakka.

"Apa sih lu ga penting" Jawab Agni.

"Lu beneran lagi buru-buru???" Tanya Cakka lagi.

"Emang tampang gw boonk???" Jawab Agni lagi dengan kadar kekesalan bertambah dua puluh tujuh derajat.

"Ya udah kalo gitu lu nebenk gw aja" Ajak Cakka.

"Ngikut sama lu.,kayanya cukup tadi pagi aja deh gw nebenk elu nya.,ga lagi-lagi" Jawab Agni.

"Gw ama lu kan sejurusan.,trus lu sendiri kan yang bilang kalo lu nebenk atau engga bensin gw tetep abis-abis juga." Cakka mengingatkan Agni terhadap kata-kata yang diucapkannya tadi pagi.

"Lu aneh, tadi pagi lu belom kenal maksa-maksa nebenk gw, sekalinya sekarang gw tawarin malah ga mau ngikut, gw lagi mau berbuat bae nih." Terang Cakka.

"Lu lagi buru-buru kan???trus lu liat kan bisnya juga dari tadi penuh terus, jadi gw rasa gw satu-satunya jalan keluar buat lu"

Agni terlihat berpikir sejenak.

"Bener juga sih, lagian ga ada salahnya juga gw nebenk dia, bukan gw yang minta kok" Ujar Agni dalam hatinya.

"Ya udah deh.,ayo.,"


 

Ek Rkwt

@rekscasillas

Tidak ada komentar: